Workshop Ibu Cerdas #2 Probolinggo, Meraup Rupiah dari Blog Bagi Ibu Rumah Tangga

Selasa 22 November kemarin, Perpustakaan Umum Daerah (disingkat Perpusda) Probolinggo tak seperti biasanya. Ruangan Pustakaloka dipenuhi Ibu-ibu yang mau belajar ilmu baru. Hari itu Perpusda Probolinggo menyelenggarakan sebuah acara seru yang bertajuk workshop ibu cerdas #2, “Meraup Rupiah dari Blog Bagi Ibu Rumah Tangga”. Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan rutinan dari Perpusda Probolinggo, untuk mengedukasi para ibu rumah tangga di daerah Kraksaan, Probolinggo khususnya, agar bisa tetap aktif dan melek teknologi, meskipun sedang sibuk di rumah mengurus anak dan keluarga.

Workshop Ibu CMeraup Rupiah dari Blog Bagi Ibu Rumah Tangga

Mc dari Perpusda Probolinggo membuka acara workshop. (Dok. Pribadi)

Pada pembukaan acara, Bapak Santoso selaku Kepala Perpusda Probolinggo mengatakan, bahwa saat ini Perpusda Probolinggo sedang mengubah image tentang perpustakaan, dimana biasanya setiap orang yang datang ke perpustakaan  hanya akan meminjam, mengembalikan, atau sekedar membaca buku di perpustakaan. Saat ini, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, perpustakaan diharapkan tidak hanya sekedar menjadi sumber buku dan bacaan, melainkan juga sumber informasi terkini bagi masyarakat sekitar.

Meraup Rupiah dari Blog Bagi Ibu Rumah Tangga

Mba’ Annisa bersama Bapak Santoso, Kepala Perpusda Probolinggo. (Dok. Pribadi)

Langkah kepedulian ini pun langsung dibuktikan dengan mulai tersedianya beberapa perangkat komputer di Perpusda Probolinggo. Selain itu, di Perpusda Probolinggo juga sudah disertai dengan wifi, di dalam perpustakaan tersedia sendiri dan di luar ruangan menggunakan wifi id bekerja sama dengan PT. Telkom. Jadi, selain tersedia buku sebagai sumber bacaan, di Perpusda Probolingo juga tersedia perangkat komputer lengkap dengan koneksi internetnya agar memudahkan masyarakat mengakses informasi terkini.

Hadir sebagai pemateri, Mba’ Annisa ae, seorang blogger kondang dari Malang, pemilik www.anisae.com. Mba’ Anisa ae, jauh-jauh datang dari Kepanjen Malang, berangkat sejak jam 3 subuh datang ke Perpusda Probolinggo untuk memberikan materi dasar mengenai membuat blog bagi para pemula, terutama ibu rumah tangga.

Workshop Ibu CMeraup Rupiah dari Blog Bagi Ibu Rumah Tangga

Materi dimulai dengan perkenalan dari Mba’ Anisa. (Dok. Pribadi)

Pada kegiatan ini, semua ibu rumah tangga yang masih pemula, diajarkan membuat email dan blog gratisan dari awal, serta keuntungan apa saja yang didapatkan bila sudah menjadi blogger. Selain itu, para peserta juga diberitahu bagaimana cara membeli blog berbayar untuk memaksimalkan fungsi blog agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Meraup Rupiah dari Blog Bagi Ibu Rumah Tangga

Ibu-ibu peserta workshop yang antusias mengikuti materi. (Dok. Pribadi)

Acara berjalan santai dan peserta langsung praktik. Semua peserta yang kebanyakan ibu-ibu antusias sekali mengikuti arahan dari Mba’ Anisa. Saking antusiasnya, ada dua orang peserta yang langsung membeli domain berbayar untuk blognya. Sambil memberikan materi, Mba’ Annisa juga memberikan beberapa tips agar blog bisa maksimal untuk menghasilkan rupiah:

1. Fokus dan konsisten

Agar blog kita bisa dilirik dan diajak kerja sama oleh brand,  maka blog tersebut harus memiliki performa yang bagus. Caranya adalah kita harus benar-benar fokus dan konsisten dalam merawat blog, yaitu dengan rajin memposting tulisan berkualitas di blog. Mengenai fokus dan konsisten, agar bisa tetap eksis sebagai blogger sekaligus tetap fokus pada keluarga, Mba’ Anisa menjelaskan bahwa setiap hari untuk membagi waktu, ia akan tidur awal di malam hari. Pagi-pagi, sekitar jam 3 pagi, ia bangun. Setelah sholat, ia akan melakukan blog walking hingga subuh. Lalu selesai sholat, Ia akan melanjutkan masak dan rutinitas rumah tangga lainnya. Setelah semua berangkat kerja dan sekolah, barulah Ia menulis untuk blog. Hampir begitu setiap harinya, bila tidak menulis, Ia akan mengadakan rapat mengurus Anisa AE publishing, perusahaan penerbitan yang ia punya. Jadi dipastikan tidak ada waktu yang terbuang percuma.

2. Gunakan domain dot com

Agar kita terlihat lebih serius dalam ngeblog, kita harus mempunyai domain dot com. Mba’ Anisa menyarankan jangan menunggu tulisan banyak baru pindah ke dot com, karena bisa jadi kita kalah cepat dengan yang lain, karena sudah ada yang menggunakan domain yang sama atau sengaja dibuat pihak lain untuk dijual kembali dengan harga tinggi.

3. Rajin update blog dan blog walking

Untuk meningkatkan rangking blog, salah satu caranya adalah rajin berkunjung ke blog lain atau istilah kerennya blog walking alias BW. Untuk blog walking sendiri, Mba’ Annisa menargetkan 20 blog dalam sehari untuk dikunjungi.

Dengan menerapkan ketiga tips di atas, dengan DA sejumlah 28 dan PA 38, Mba’ Anisa bisa mendapatkan penghasilan bulanan hingga jutaan rupiah hanya dari ngeblog dan tetap di rumah.Jadi meski sibuk mencari duit, rumah dan anak tetap terurus. Tentunya ada proses yang harus dilalui Mba’ Anisa ya. Gimana, ada yang tertarik? Jadi blogger aja yuk Moms! Haha.

Meraup Rupiah dari Blog Bagi Ibu Rumah Tangga

Sesi terakhir, foto bareng beberapa peserta seminar dengan pemateri. (Dok. Pribadi)

Terima kasih Perpusda Probolinggo dan Mba’ Anisa, semoga materi yang didapat hari ini bisa kami terapkan dengan baik dan bermanfaat. Aamiin.

 

10 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *