Yuk Berkunjung ke Perpustakaan Daerah Probolinggo, Taman Bacaan yang Ramah Anak

Selasa 22 November yang lalu, kami sekeluarga akhirnya mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Probolinggo untuk yang pertama kalinya. Sebenarnya sebelumnya tidak pernah ada sama sekali terbersit niat untuk mengunjungi tempat ini, kalau saja bukan karena akan mengikuti kegiatan workshop ibu cerdas #2 yang diselenggarakan oleh Perpusda Probolinggo.

Baca juga:Β Workshop Ibu Cerdas #2 Probolinggo, Meraup Rupiah dari Blog Bagi Ibu Rumah Tangga.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak

Tampilan Perpusda Probolinggo dari depan. (Dok. Pribadi)

Awalnya saya pikir tampilan Perpusda Probolinggo hanya akan seperti perpustakaan pada umumnya, bertumpuk buku bacaan dan kurang menarik, ditambah lagi saya mengajak serta anak saya yang baru berusia 28 bulan, yang sedang aktif-aktifnya. Pasti si kecil akan sangat bosan bila mengikuti kegiatan workshop di perpustakaan bersama saya. Karenanya saya ajak serta suami agar mau mengajak si kecil keluar jalan-jalan bila ia cepat bosan.
Tapi ternyata dugaan saya salah besar. Begitu sampai di Perpusda Probolinggo, saya dibuat terkesima. Tampilannya tidak seperti perpustakaan umum yang dulu sering saya lihat di kampung halaman. Agak suram dan kurang menarik. Kali ini tampilan perpustakaan sudah modern sekali. Gedung perpustakaan dicat dengan warna ceria sehingga jauh dari kata suram. Kemudian di depan perpustakaan tersedia taman bunga dilengkapi dengan tempat duduk serta koneksi wifi id bekerja sama dengan PT. Telkomsel.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Taman di depan perpustakaan dilengkapi dengan koneksi wifi id. (Dok. Pribadi)

Bahkan ketika memberi sambutan di acara workshop kemarin, Bapak Santoso selaku kepala Perpusda Probolinggo mengatakan bahwa sekarang ini Perpusda Probolinggo sedang gencar-gencarnya mengubah image lama dari perpustakaan, dimana dulu pengunjung hanya datang untuk membaca, meminjam atau mengembalikan buku. Sekarang diharapkan perpustakaan bisa menjadi sumber informasi terkini bagi masyarakat.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Beberapa kegiatan pelatihan rutin yang diadakan Perpusda Probolinggo, semuanya gratis. (Dok. Pribadi)

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, kini sudah tersedia setidaknya 8 perangkat komputer yang nanti ke depannya akan terus bertambah, yang bisa digunakan untuk mengakses informasi oleh pengunjung. Selain itu, di dalam perpustakaan juga sudah dilengkapi dengan koneksi wifi yang semakin melengkapi kelengkapan sarana prasana perpustakaan demi untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang datang.
Baiklah, bila tadi saya baru memberi gambaran dari luar, mari kita mulai menelusuri apa saja yang ada di dalam Perpusda Probolinggo. Di bagian depan, tersedia sebuah ruangan bernama Pustakaloka, tempat workshop ibu cerdas #2 diselenggarakan. Sepertinya ini adalah tempat yang didesain untuk mengadakan acara atau pelatihan di perpustakaan, karena ada beberapa spanduk kegiatan yang tersedia di dalamnya.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Ruang Pustakaloka untuk tempat workshop. (Dok. Pribadi)

Setelah itu, di bagian depan juga tersedia beberapa sofa yang sepertinya digunakan untuk ruang tamu atau ruang tunggu. Nah, di bagian depan ini juga tersedia loker yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan tas sementara pengunjung. Kalau tidak salah ada 30 loker tersedia, jadi jangan takut tak kebagian ya, haha. Di Perpusda Probolinggo ini juga sudah tersedia toilet lho! Jadi tak perlu ragu meninggalkan bacaan bila sedang asyik membaca lalu kebelet, hehe.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Sofa untuk ruang tunggu di Perpusda Probolinggo.

Sebelum masuk dan mulai membaca, kita akan diminta mengisi buku tamu terlebih dahulu. Jangan dikira buku tamunya menulis manual ya, karena semua data sudah menggunakan komputer, gimana, keren kan? Setelah mengisi buku tamu dan meletakkan barang bawaan, kita dipersilahkan untuk masuk.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Beberapa fasilitas yang ada di Perpusda Probolinggo. (Dok. Pribadi) Atas kiri-kanan (Meja registrasi dan pendataan-toilet) Bawah kiri-kanan (Loker-es krim dan minuman dingin)

Nah, yang paling membuat saya senang ketika berkunjung ke Perpusda Probolinggo ini yaitu tersedianya ruang membaca anak yang dilengkapi dengan berbagai mainan edukatif. Selain itu juga tersedia buku bacaan anak yang informatif. Sayang saya hanya menemukan satu buah board book, soalnya kalau baca buku biasa dari kertas takut dirobek si kecil. Ruang baca anak ini luas sekali, kira-kira cukup untuk menampung sekitar 100 anak. Ruangan ini dilengkapi dengan TV, AC, dan dispenser air minum.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Beberapa fasilitas buku dan mainan di ruang baca anak. (Dok. Pribadi)

Wah, kalau ini mah saya betah sekali. Sembari memantau anak yang sibuk bermain, saya bisa membaca buku kesayangan. Bila kehabisan pulsa saat mau menghubungi suami untuk minta dijemput, saya bisa online dengan wifi yang ada sambil mencari toko online yang Jual Pulsa Murah atau kalau lupa mengisi pulsa listrik, bisa juga sambil membeli pulsa listrik di toko yang menjual PLN Online. Rasanya benar-benar dimanjakan dengan fasilitas yang ada di Perpusda Probolinggo.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Si kecil pun jadi semangat membaca buku. (Dok. Pribadi)

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Bila bosan membaca, si kecil bisa bermain dengan mainan edukatif yang tersedia. (Dok. Pribadi)

Jangan khawatir, bila kehausan dan mau yang dingin-dingin, di ruang pendataan tersedia kulkas berisi air dingin dan es krim yang dijual dan boleh dibawa masuk. Tapi jangan sampai mengotori perpustakaan ya!
Selain tersedia ruang baca anak, di Perpusda Probolinggo juga tersedia ruang baca dewasa. Di sini tersedia banyak sekali buku bacaan yang tertata rapi dan ruang baca yang akan membuat betah pengunjung berlama-lama di tempat ini. Selain itu, di sini juga tersedia 4 buah laptop yang juga bisa digunakan pengunjung. Eit, tapi jangan digunakan untuk game online atau facebookan ya, hanya untuk browsing. Ruang baca dewasa ini juga disediakan AC dan beberapa kursi juga sebuat spot untuk duduk lesehan.

Perpusda Probolinggo, taman bacaan yang ramah anak.

Beberapa fasilitas di ruang baca dewasa. (Dok. Pribadi)

Itulah sekilas pengalaman saya dan keluarga ketika pertama kali mengunjungi Perpusda Probolinggo. Sayang kemarin sudah kelelahan sehabis mengikuti workshop, jadi tidak bisa terlalu lama di perpustakaan karena mata dan perut yang sudah berontak. Dengan tampilan perpustakaan yang seperti ini, mungkin saya dan keluarga akan sering berkunjung ke sini. Tempatnya asyik, kekinian, ada ruang baca anak lengkap dengan mainannya lagi. Gimana, kamu juga tertarik untuk datang berkunjung ke Perpusda Probolinggo? Kalo begitu, tunggu apalagi, Yuk Berkunjung ke Perpustakaan Daerah Probolinggo, Taman Bacaan yang Ramah Anak! [Sponsored post]
Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo
Lokasi : Sidomukti, Kraksaan, Probolinggo Jawa Timur.
Jam buka perpustakaan:

Senin-Kamis : 08.00-15.00 WIB
Jum’at : 08.00-11.00 WIB
Sabtu-Minggu : 08.00-13.00 WIB

9 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *